Dokumen Penting Bernama Invoice, Apa itu Invoice?

Seringkali kita mendengar mengenai invoice ketika membaca suatu hal yang berkaitan dengan bisnis. Atau mungkin kita sendiri telah menjumpai invoice, namun tidak terlalu memperhatikan kegunaan dari invoice.

Bagi orang awam, mungkin menganggap invoice adalah lembar kertas yang sama seperti nota. Padahal, invoice dan nota memiliki perbedaan terkait dengan fungsi dan kegunaannya.

Pada artikel ini akan dibahas lengkap mengenai apa itu invoice dan penjelasan lengkapnya. Supaya lebih memahami gambarannya, invoice adalah dokumen penting yang biasa disebut dengan faktur. Di bawah ini akan dibahas lebih lengkap mengenai invoice.

Sumber: http://www.marlowsjewellers.com/7-free-sample-invoices/

Pengertian Invoice adalah

Invoice adalah dokumen penting yang dikeluarkan oleh penjual atau perusahaan kepada pembeli atas transaksi kredit yang telah terjadi. Biasanya, transaksi yang dilakukan memiliki nilai yang besar. Mungkin istilah invoice masih terasa asing, oleh karena itu biasanya pihak yang bertransaksi menyebutnya dengan faktur atau BON.

Invoice sendiri dibuat dalam tiga salinan. Bagian asli disimpan oleh perusahaan sebagai arsip, salinan pertama diberikan kepada bagian keuangan, salinan kedua kepada bagian penjualan, serta salinan ketiga diberikan kepada pembeli. Invoice di masing – masing pihak yang memegang salinan memiliki fungsi sendiri – sendiri.

Fungsi dari Invoice adalah

Fungsi dari invoice bermacam – macam, tergantung pada pihak yang memilikinya. Bagi perusahaan, fungsi dari invoice adalah sebagai arsip. Di kemudian hari, ketika perusahaan akan menambah produk untuk dijual serta kebutuhan lainnya.

Bagi bagian keuangan, fungsi invoice adalah rujukan untuk kegiatan pembukuan. Hal ini berkaitan dengan arus kas yang ada di perusahaan. Sementara bagi bagian penjualan, fungsi invoice adalah sebagai alat penagih yang sah apabila pembeli belum membayarkan tagihan ketika sudah jatuh tempo.

Dan untuk pembeli, fungsi invoice adalah dokumen penting untuk melakukan pembayaran serta informasi lain berkenaan dengan produk yang telah dibeli. Karena di dalam invoice telah diberi keterangan lengkap mengenai total pembayaran serta tempo waktu pembayaran.

Informasi yang Terdapat dalam Invoice adalah

Sumber: http://apcc2017.com/?p=6340

Dalam sebuah dokumen invoice, harus memuat informasi penting yang dibutuhkan dalam transaksi jual beli. Sehingga, dapat menjadi pembeda antara invoice dengan dokumen lain yang juga diterbitkan oleh perusahaan atau penjual kepada pembeli.

Informasi yang harus dicantumkan dalam invoice adalah sebagai berikut:

  1. Nomor: nomor pada invoice adalah keterangan urutan pada transaksi yang telah terjadi di perusahaan. Nomor ini berurutan untuk seluruh transaksi invoice yang telah terjadi di perusahaan.
  2. Order No.: adalah nomor urut penerimaan order.
  3. DO/SJ: DO/SJ adalah kode nomor transaksi yang terdiri atas beberapa nomor.
  4. Detail barang: berisi informasi lengkap mengenai barang yang diorder oleh pembeli.
  5. Sub total: masih satu kolom dengan kolom detail barang, dimana berisi tentang jumlah total harga dari tiap harga per item produk yang dibeli.
  6. Diskon: diskon merupakan kebijakan dari perusahaan atas pembelian yang terjadi.
  7. Ongkos angkut: jika barang diantarkan dengan armada dari perusahaan, maka biasanya ada ongkos angkut untuk barang tersebut.
  8. PPn: yaitu pajak yang dikenakan atas barang yang telah dibeli.
  9. Total: total harga akhir yang harus dibayarkan oleh pembeli, dimana sudah ditambahkan dengan pajak, ongkos angkut, dan dikurangi dengan diskon.
  10. Keterangan tambahan: keterangan tambahan ini diisi dengan tempo pembayaran invoice atau catatan lain seperti nomor rekening jika pembayaran dilakukan melalui rekening bank.

Jika telah memuat semua informasi tersebut, maka dokumen invoice telah resmi untuk diberikan kepada pihak – pihak yang berkepentingan.

Leave a Comment