5 Tips Mudah Untuk Merawat Hamster

Dari sekian tidak sedikit hewan peliharaan, hamster barangkali menjadi di antara yang paling gampang untuk dirawat. Bukan melulu karena ukurannya yang kecil, namun ongkos yang diperlukan untuk merawatnya juga lumayan terjangkau. Di samping itu, hamster juga ingin bersih dan child-friendly sampai-sampai anak-anak bisa dengan leluasa bermain dengan hamster.

Nah, guna kalian yang berkeinginan memelihara atau sedang merawat hamster, Petpintar.com akan menyerahkan sejumlah tips guna cara merawat hamster supaya tetap bersih, sehat, dan nyaman. Oke, langsung saja ya!

  1. Rutin mengubah serbuk kayu

Jangan pernah malas guna mengubah serbuk kayu hamster ya, gengs, sebab serbuk itu berperan sebagai alas tidur, penghangat, sekaligus penyerap urin hamster. Serbuk kayu paling tidak mesti diganti 3 hari sekali dan tidak boleh tidak dipedulikan basah supaya tidak menjadi sumber penyakit untuk hamster.

Sebelum diganti dengan serbuk kayu baru, kalian mesti membasuh kandang dan seluruh mainan hamster terlebih dahulu, ya. Setelah dikeringkan, barulah kandang dipenuhi dengan serbuk kayu. Jika perlu, kalian pun dapat memakai serbuk kayu yang beraroma supaya kandang dan hamster bebas bau.

  1. Rutin mengubah air minum

Air minum hamster mesti sering-sering diganti supaya tetap bersih dan segar. Ketersediaan air minum yang lumayan juga akan menciptakan hamster lebih hydrated, nyaman, dan senang. Oh ya, jangan melulu mengubah airnya saja ya, tetapi cuci pun botol air supaya tetap bersih.

Pastikan pun untuk memasang botol air pada elevasi yang dapat dijangkau hamster dan pastikan tidak terdapat kebocoran pada botol air.

  1. Perhatikan pemberian makanan pada hamster

Kalian dapat melakukan pembelian makanan hamster dari pet shop yang sekantongnya terdiri dari sekian banyak  biji-bijian yang digemari hamster. Di samping itu, kalian pun dapat menyerahkan snack pada hamster, yaitu tidak banyak kacang-kacangan, wortel, popcorn tawar, ataupun roti gandum.

Perlu diingat, ada sejumlah makanan yang sama sekali tidak boleh diserahkan pada hamster, yakni makanan manis, asin, jeruk (dan seluruh jenis citrus), almond, serta kentang mentah.

  1. Memandikan hamster dengan pasir

Hamster usahakan tidak dimandikan dengan air sebab mereka paling rentan terhadap kelembaban. Meskipun begitu, mereka tetap perlu dimandikan dengan pasir mandi (bathing sand). Pasir mandi mempunyai butiran yang amat halus dan lembut serta memiliki wewangian yang segar. Tidak melulu membersihkan hamster, pasir mandi ini juga bermanfaat untuk menghilangkan bau tak sedap dan menciptakan bulu hamster lebih lembut.

Kalian bisa memandikannya dengan teknik menuangkan pasir mandi pada suatu wadah dan tidak mempedulikan hamster bermain di atas pasir selama sejumlah menit.

  1. Jangan menjemur hamster di bawah sinar matahari

Pada dasarnya, hamster ialah hewan nokturnal alias aktif pada malam hari dan istirahat pada siang hari sampai-sampai mereka tidak memerlukan terlalu tidak sedikit paparan sinar matahari. Oleh sebab itu, hamster usahakan tidak dijemur dan dianjurkan untuk menanam hamster pada lokasi yang teduh.

Oh ya, terdapat baiknya untuk menanam hamster di lokasi yang tenang, ya. Karena lokasi yang terlampau ramai dan bising akan menciptakan hamster terganggu dan tidak bisa beraktivitas dengan nyaman.

Hubungi Kami

petpintar.com

[email protected]

+6281211216467

Leave a Comment